Beranda

Rabu, 28 Maret 2012

Penghasil Pakan Ternak

RAGI TAPE JERAMI - Penghasil Pakan Ternak
Meningkatkan kualitas pakan, menambah nilai gizi (protein, karbohidrat, vitamin dan mineral), mudah dicerna, beraroma karamel dan lebih higienis. Kategori: organik, bio-aktivator pakan ternak, kemasan botol plastik hydro, isi: 500 gr, bentuk pasta, warna coklat gelap, berlapis kapang putih, aroma.

Kelemahan jerami padi adalah kandungan gizinya yang rendah (protein 2-3%, sedikit vitamin dan minera), sulit dicerna (kandungan serat kasar sangat tinggi) Dengan teknologi Ragi Tape Jerami pakan yang berkualitas, kandungan protein meningkat ± 7-9% lebih mudah dicerna, lebih higienis, dan beraroma karamel.






Harga Rp. 65.000,- ONGKOS KIRIM GRATIS ( Untuk Wilayah Jabodetabek )

per bulan Agustus 2012 harga naik Rp 10.000,- jadi 
Harga Rp. 75.000,- ONGKOS KIRIM GRATIS  ( Untuk Wilayah Jabodetabek ) 



Cara Membuat, Bahan dan Ukurannya
Sangat mudah, praktis, ekonomis, dan murah, hanya memerlukan waktu 7-10 hari dan siapapun dapat melakukannya.

Bahan yang digunakan:
  1. 1 ton jerami padi kering/basah (± 3 colt) paling baik tidak kering dan tidak basah = 'magel'. (Jika jeraminya basah tidak perlu tambah air, jika jeraminya kering tambahkan air antara 250-350 liter atau diperkirakan nantinya jerami mengandung air berkisar 50% - 60%).
  2. 1 botol Ragi Tape Jerami dan air secukupnya.
Cara Membuat Pakan Ternak:
1.       Cari tempat yang berlantai tanah dan teduh (tidak terkena panas dan hujan). Tumpuk Jerami padi setebal 20 cm, padatkan dengan cara diinjak-injak.
2.       Campur Ragi Tape Jerami dengan air secukupnya, siramkan ke seluruh permukaan jerami agar merata (jika jerami sudah basah, airnya jangan terlalu banyak). Tumpuk lagi dengan jerami setinggi 20 cm, padatkan.
3.       Ulangi langkah tersebut diatas sehingga jerami habis.
4.       Bagian paling atas sebaiknya ditutup dengan plastik atau jerami kering kemudian biarkan selama 7-10 hari.
5.       Pada hari ke-7 periksa aroma (bau) yang timbul pada tumpukan jerami. Jika aroma Jerami sudah berubah beraroma harum (karamel atau tape) dan serat-serat jerami sudah lunak (periksa dengan cara dipegang atau diremas-remas), serta tumpukan dalam jerami sudah mengeluarkan jamur berwarna putih dan kuning, maka proses pembuatan Tape jerami sudah selesai. Jika belum, proses dapat dilanjutkan ampai maksimum 10 hari.
Anjuran:
1.       Cara memberi makan. Ambil Tape Jerami secukupnya (1 ekor sapi cukup 10kg/hari), angin-anginkan dahulu sekitar 5 menit, baru berikan kepada sapi. Sebaiknya pemberian dibagi dua atau tiga kali dalam sehari, yakni; pagi, setelah diberi konsentrat, siang hari dan malam hari.
2.       Setiap sapi pasti mau makan Tape Jerami. Jika sapi tidak mau, maka harus dilaatih dulu. Caranya; puasakan sapi sepanjang pagi-siang (hanya diberi minum dan konsentrat secukupnya saja) Berikan Tape Jerami pada malam harinya, Insya Allah sapi segera mau makan Tape Jerami.
3.       Tape Jerami dapat disimpan sampai satu tahun. Caranya; setelah jadi, bongkar dan anginkan sampai kering, lalu diikat kembali atau bila perlu dipres agar lebih padat dan mudah diatur.
4.       Untuk kebutuhan hijauan pada sapi potong (pengemukan), pemberian Tape Jerami sudah cukup! tanpa perlu ditambah rumput atau hijauan lain. Untuk 12 ekor sapi maka harus disediakan 120 kg. Tape Jerami/hari atau 3.600 kg (2 truk) per bulan. Cukup untuk membuat sebulan sekali saja. Dengan demikian tidak perlu mencari rumput setiap hari dan waktu luang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan yang lebih produktif (berbisnis, berdagang dlsb).
5.       Ternak sapi tetap memerlukan pakan tambahan untuk mencukupi kebutuhan sesuai dengan tujuan pemeliharaan. Sediakan konsentrat*) minimum 2,5% dari bobot badan.
* Konsentrat dapat berupa konsentrat jadi atau meramu sendiri seperti ampas tahu, bekatul, bungkil kedelai, dll. jangan lupa agar sapi lebih lahap makannya, pencernaannya semakin optimum, daya tahan tinggi terhadap serangan penyakit dan cuaca extrim, serta berpenampilan lebih baik (kulit berminyak, bulu lembut, mata cerah bercahaya) Tambahkan nutrizim Ternak ruminansia. Jangan lupa juga sediakan air minum sebanyak 40-60 liter perhari agar metabolisme ternak makin lancar.

Kandungan Ragi Tape Jerami:

Nutrient activator, growth promotor, protein, calori, vitamin dan Mineral, serta probotik microbes: Acetobacter, Aspergilus niger, rhizopus sp, proteolitik, amilolitik, selulolitik, lipolitik, dalam kondisi dorman.

Harga Rp. 80.000,- ONGKOS KIRIM GRATIS ( Untuk Wilayah Jabodetabek )
per bulan Agustus 2012 harga naik Rp 10.000,- jadi 
Harga Rp. 90.000,- ONGKOS KIRIM GRATIS  ( Untuk Wilayah Jabodetabek ) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar